Rabu, 21 Agustus 2013

Buruh Samsung Harus Rakit 3000 Ponsel Sehari

Minggu lalu, pemerintah Brazil melakukan audit ke pabrik Samsung di Zona Perdagangan Bebas Manaus. Fasilitas produksi yang terdapat di sini merupakan salah satu yang terbesar di dunia milik perusahaan asal Korea Selatan itu. Jumlah pekerjanya mencapai 5.600 orang.

Seperti dikutip dari BBC, sejumlah fakta kurang mengenakkan kemudian terungkap dari hasil audit, seperti para pekerja yang diberi waktu sangat singkat untuk merakit sebuah ponsel: tak lebih dari 32 detik atau hanya sekitar setengah menit. Seorang pekerja di pabrik bisa merakit hingga 3.000 ponsel tiap harinya.

Waktu yang diberikan untuk merakit pesawat televisi sedikit lebih lama tetapi masih relatif singkat, yaitu 65 detik.

Persoalan waktu kerja juga menjadi masalah, karena para pekerja pabrik bisa menghabiskan waktu 10 jam dalam posisi berdiri sehingga kerap menderita sakit punggung. Setiap shift, menurut keterangan yang dihimpun dari pekerja, bisa berlangsung hingga 15 jam per hari.

Kondisi lingkungan kerja yang tidak layak tersebut membuat pemerintah Brazil melayangkan tuntutan hukum atas Samsung, dengan permintaan ganti rugi sebesar 100 juta dollar AS karena perusahaan itu melanggar hukum tenaga kerja di negara yang bersangkutan.

Pihak Samsung telah memberikan respon dan mengatakan bakal mengambil tindakan begitu mendapat "pemberitahuan resmi".

"Kami berkomitmen memberikan lingkungan kerja yang berstandar tinggi dalam hal keamanan, kesehatan, dan kesejahteraan kepada para rekanan kami di seluruh dunia," ujar seorang juru bicara Samsung.

source

0 komentar:

Posting Komentar